STIKES Suaka Insan dan E-learning: Proses belajar mengajar Ilmu Keperawatan Zaman Now!

Pada tanggal 04 Januari 2018, STIKES Suaka Insan, Fakultas Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum melakukan pertemuan dan kegiatan kunjungan langsung dalam rangka pengembangan metode pembelajaran dengan menggunakan e-learning. Pengembangan metode pembelajaran ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan intensif pihak STIKES Suaka Insan dengan pihak Fakultas Keperawatan UGM beberapa waktu yang lalu.

Pada pertemuan waktu itu, pihak STIKES Suaka Insan diwakilkan oleh Bapak Warjiman, MSN dan Ibu Oktavin, S.Kep,.Ners. Sedangkan dari mitra kerjasama, Fakultas Keperawatan UGM diwakilkan oleh Bapak Totok Harjanto, S.Kep.,Ners.,M.Kes yang merupakan pengajar ilmu manajemen keperawatan dan peneliti pengambangan metode pembelajaran dengan menggunakan e-learning.

Kunjungan ke Rumah Sakit ini direncanakan untuk menilai langsung lahan praktik stase manajemen dan bertemu langsung dengan Mahasiswa/I pengguna layanan e-learning. Kunjungan ini mendapat sambutan hangat dari pihak Rumah sakit dengan ditandai dengan pertemuan langsung antara STIKES Suaka Insan dan FK-UGM dengan Direktur, wakil direktur dan pejabat struktural RSJD Sambang Lihum.

Pelaksanaan e-learning ini selanjutkan akan diaplikasikan langsung dengan menggunakan media e-learning yang sudah dikembangkan oleh Fakultas Keperawatan UGM dengan menggunakan bantuan Hibah dari Belmawa dibawah asuhan DIKTI. Pengguna atau user dari layanan pembelajaran ini adalah mahasiswa/I ilmu keperawatan yang sedang menjalani stase management di Rumah Sakit Jiwa. Mahasiswa/I ini secara langsung diarahkan untuk dapat mengaplikasikan e-learning dalam tujuannya untuk memperlancar proses praktik dan juga pembelajaran yang aktif dan menarik.

Kerjasama antara pihak STIKES Suaka Insan, RSJD Sambang Lihum dan pihak dari UGM ini membawa angin segar dalam proses pendidikan bagi ketiga pihak, terutama bagi STIKES Suaka Insan. Proses pembelajaran atau belajar-mengajar saat ini diarahkan untuk dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan mahasiswa/I atau mereka yang aktif untuk mencari dan mengembangkan keilmuannya masing-masing. Kerjasama ini pun secara tidak langsung melatih mereka yang menjadi instructor atau pembimbing mahasiswa/I untuk secara aktif menyesuiakan diri dengan perkembangan proses pembelajaran pada jaman yang serba menggunakan teknologi ini.

 

 

IMG-20180104-WA0014
Diskusi hangat bersama Bapak dr. H. IBG Dharma Putra, MKM (Direktur RSJD Sambang Lihum), Bapak  H.Iswantoro, SKp.,MM (Wakil Direktur RSJD Sambang Lihum) dan Perawat-perawat praktisi Manajemen Keperawatan dan Keperawatan Jiwa RSJD Sambang Lihum dengan pihak STIKES Suaka Insan dan UGM.

 

IMG-20180104-WA0015
Pertemuan antara RSJD Sambang Lihum, STIKES Suaka Insan dan Universitas Gadjah Mada disalah satu ruang rawat RSJD Sambang Lihum. (Dari kiri ke kanan: Bapak Murjani, S.Kep.,MM (Kabid Keperawatan RSJD Sambang Lihum), Clinical Instructur dari RSJD Sambang Lihum, Bapak Warjiman, MSN, Bapak Totok Harjanto, S.Kep.,Ners.,M.Kes, KaBid Pelatihan dan Penelitian RSJD Sambang Lihum, Ibu Indah, S.Kep.,Ners (Clinical Instructor), Saya, IBu Oktavin, S.Kep.,Ners dan Clinical Instructor dari RSJD Sambang Lihum)

 

Dalam pertemuannya, Pihak-pihak terkait sangat mengharapkan keberlanjutan mitra kerjasama dengan universitas besar milik Indonesia ini dan juga kerjasama yang semakin erat dan hangat antara STIKES Suaka Insan dan Rumah Sakit Jiwa Daerah Sambang Lihum.

 

IMG-20180104-WA0021
Insan Pendidikan Keperawatan dari STIKES Suaka Insan Banjarmasin dan Fakultas Keperawatan Universitas Gadjah Mada dalam sesi foto bersama.

Pertemuan yang diawali dari Rumah sakit ini selanjutnya ditutup dengan kegiatan sharing dan tanya-jawab di STIKES Suaka Insan. Tidak lupa diakhiri dengan sesi foto-foto dan berbagi kebahagiaan bersama. In Omnibus Caritas.

 

Catatan:

Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai STIKES Suaka Insan dan karya-nya, silahkan Klik disini.

Bagi yang ingin mampir dan ingin mencari informasi, silahkan hubungi nomor kontak yang tertera di bawah ini.

Sampai bertemu !

Kampus STIKES Suaka Insan
disamping Rumah Sakit Suaka Insan
Jalan H. Jafri Zam-Zam No.8, Banjarmasin
Kalimantan Selatan 70116

Telepon: (0511) 3361654
Faks: (0511) 3361654
Email: info@stikessuakainsan.ac.id

Iklan

2 respons untuk ‘STIKES Suaka Insan dan E-learning: Proses belajar mengajar Ilmu Keperawatan Zaman Now!

  1. Hi…btw, Ayu Frani mengulas ttg krja sama ini, mksudnya kmu lg di Indonesia gitu ya?
    E-learning emang gaya bljar zaman now sih ya. Semoga sukses aja, dan mahasiswa pun bs mkin diperlengkapi dlm hal ilmu kperawatan.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s