Menjawab Tantangan Sunshine Blogger Award

sunshine-award

Beberapa hari yang telah lalu, Saya di nominasikan oleh Blog Ibu Nur S Ahmadi  untuk mengikuti Sunshine Blogger Award. Terima kasih banyak kepada Ibu Nur S Ahmadi yang telah mengikutsertakan saya untuk ikut ambil bagian dari proses tanya-jawab menarik ini.

Secara pribadi, saya tidak tahu asal tantangan tanya jawab ini, tapi bagi saya ini cukup menarik untuk mengevaluasi diri dan melihat kembali ke belakang proses tulis menulis yang selama ini saya kerjakan.

Aturan award 

  Berikut 4 aturan award tersebut:

  1. Terimalah orang yang menominasikan Anda dalam posting blog dan link kembali ke blognya.
  2. Jawablah 11 pertanyaan yang diberikan oleh orang yang menominasikan Anda.
  3. Nominasikan 11 blog baru untuk menerima penghargaan dan tuliskan 11 pertanyaan baru.
  4. Cantumkan peraturan dan tampilkan logo Sunshine Blogger Award di post Anda (bisa copas gambar di atas).

 

Berikut adalah Jawaban saya:

Apa tujuan utama saat pertama kali anda ngeblog?

Menulis bagi saya adalah terapi. Terapi untuk mengobati luka yang ada didalam jiwa saya, melengkapi keping-keping kehampaan dari setiap sosok kemanusiaan saya. Sebelum menambatkan hati ke WordPress, saya sudah menulis di Blogger yang secara gratis disediakan oleh Gmail. Ada juga googlesites. Namun, saya mendapati bahwa WordPress terasa lebih nyaman untuk dijadikan sebagai wadah mencurahkan sampah-sampah pikiran yang terus menerus membuat gelisah. Tujuan ini, tetap sampai saat ini. Blog itu seumpama tempat sampah, tempat sampah untuk sampah-sampah pikiran yang terus saja memproduksi setiap kurun waktu tertentu. Blog itu juga seperti obat, obat untuk rasa gelisah, hampa, bahagia dan juga bosan yang sangat. Blog itu seperti kanvas, yang siap untuk dihiasi dengan keindahan dan juga kejelekan kata-kata.

 

Apakah anda pernah tidak aktif ngeblog cukup lama? Berapa lama dan mengapa?

Pernah!

Jika saya mengatakan bahwa blog atau menulis di wordpress adalah terapi, maka ketika saya tidak membutuhkan terapi, maka saya akan meninggalkannya. Rekor terlama adalah kurang lebih satu tahun, karena saat itu saya masih menggilai Facebook sebagai media interaksi dan sosialisasi. Kesukaan untuk menulis, saya curahkan pada wall-facebook sambil berusaha mencari simpati orang yang saya sukai hahahaha.

 

Jika anda blogwalking, tulisan serius atau curhatan/pengalaman pribadi yang lebih menarik bagi anda untuk dibaca? Mengapa?

Saya lebih memilih tulisan dengan tema yang lebih serius, tapi juga kadang menyukai hal-hal yang ringan dan santai. Tema serius yang paling saya minati adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengalaman dan pembelajaran hidup, beberapa tambahan ilmu pengetahuan yang sederhana, informasi menarik dan puisi.

 

Seberapa sering anda membuka statistik blog anda? Apakah statistik begitu penting bagi anda? Mengapa?

Pada awal menulis, jujur saja. Ya!.

Tapi, lama kelamaan tidak lagi. Sharing is caring, ketika saya menulis dan membagikannya maka bagi saya cukuplah. Entah siapa yang membaca, saya berharap, Ia bisa memetik banyak pelajaran atau juga pelajaran yang ia butuhkan dari tulisan-tulisan random saya.

 

Apa judul postingan anda yang memperoleh pengunjung tertinggi sampai saat ini? Apakah anda memprediksinya? mengapa?

Jujur saja, saya tidak tahu mengenai hal ini. Bahkan saya tidak memiliki minat untuk mengetahui tulisan mana yang mendapatkan banyak ‘Like’. Bagi saya, setiap tulisan yang saya publish-kan disini adalah sebuah karya seni yang memiliki nilai dan keindahannya yang unik. Saya sudah menaruh harga untuk setiap tulisan ini. Saya juga menghargai dan bersyukur atas tanggapan dan setujunya teman-teman untuk mengetik ‘komentar’ dan like pada tulisan-tulisan ini. Terima kasih atas penghargaan dari para pembaca.

 

Jika berkenan menuliskan siapa saja bloger yang menginspirasi anda? Jelaskan alasannya!

Blogger yang pada awalnya menginspirasi saya adalah Michelle Phan. Ia lebih dikenal sebagai seorang youtuber yang bergerak dalam bidang kecantikan terutama make up. Tutorial yang paling sering diupload tidak jauh dari make up dan produknya. Lama kelamaan, Michelle tidak hanya berfokus pada kecantikan luar, tapi selanjutnya menjurus pada kecantikan dalam atau inner beauty. Tidak lama kemudian, saya mendapatkan informasi bahwa Ia juga adalah seorang blogger yang sangat aktif dan kreatif. Blog saya banyak terinspirasi oleh karya-karya yang ia tulis di blog-nya.

 

Apakah anda berniat membukukan tulisan-tulisan anda di blog? Apa alasannya?

Ia, saya sangat berminat untuk membukukan tulisan-tulisan yang berhasil saya telurkan di blog. Untuk sekedar memuaskan ke-egoisan saya untuk mengabadikan hal-hal yang tidak terlalu perlu (hahaha).

Selain orang tua dan guru, menurut anda siapa orang yang paling anda segani atau hormati? Mengapa?

Saya menyegani dan menghormati orang-orang yang berhasil menjadi pemenang atas pertarungan didalam hidupnya dan terlahir bijaksana sebagai bonus dari kerja kerasnya.

Menurut anda profesi/pekerjaan apa yang paling keren dan mungkin pernah atau masih anda cita-citakan? Apa alasannya?

Pekerjaan bagi saya memiliki keunikannya masing-masing. Tantangan masing-masing pekerjaan sangat beragam dan bervariasi. Saya secara pribadi sangat menikmati pekerjaan saya saat ini dan saya sudah sampai pada titik dimana saya memiliki pemahaman bahwa saya terlahir untuk bekerja di pekerjaan ini. Jika saya harus menukar pekerjaan saya, mungkin saya bisa mempertimbangkan untuk memilih pekerjaan menjadi detektif swasta. Pekerjaan detektif swasta nampaknya tidak jauh berbeda dengan pekerjaan saya sekarang, pekerjaan untuk mencari yang tersembunyi dan menemukan.

 

Menurut anda, apa yang masih anda prihatinkan dengan kondisi bangsa/masyarakat Indonesia sekarang ini? Mengapa?

Hal yang menjadi perhatian saya hingga saat ini adalah masalah kesenjangan social dan ekonomi antara si kaya dan si miskin. Masalah ini nampaknya menjadi pusat dari masalah-masalah lain yang ada di negara ini.

 

Apa saran anda untuk meningkatkan minat baca para siswa dan guru di sekolah ?

Ini adalah cara guru Bahasa Indonesia SMP saya untuk memunculkan minat baca pada kami siswa/I waktu itu. Ia menuliskan kalimat,

“ Sudah berapa bukukah yang Anda baca hari ini?”

Ia selanjutnya meminta kami untuk membaca setidaknya satu buah buku setiap minggu dan menceritakan isi dari buku tersebut. Kadang, beliau meminta kami untuk membuat rangkuman dari isi buku yang kami baca. Ringkasan selanjutnya dinilai dan jika mencapai standart tertentu selanjutnya di pajang di madding. Jika saat ini, madding dapat diganti dengan websites sekolah atau yang lainnya.

Demikianlah Jawaban saya.

Untuk selanjutnya, saya harus melanggar peraturan award untuk tidak membuat 11 pertanyaan lanjutan dan tidak menominasikan blogger lainnya. Mohon maaf dengan sangat untuk hal ini.

 

Terima kasih.

Iklan

7 thoughts on “Menjawab Tantangan Sunshine Blogger Award”

  1. Wah ….terimakasih mbak Ayu, anda merupakan orang pertama yang menjawab pertanyaan saya pada postingan sunshine blogger award, meskipun anda melanggar dua aturan ya, tapi gakpapa sy pikir, tantangan ini kan gak ada hadiah maupun hukumanya he heh
    Saya sangat apresiasi jawaban-jawaban anda dengan kalimat yang begitu enak untuk dibaca, terutama jawabab untuk pertanyaan no 1. Anda menganalogikan blog, sebagai tempat sampah yang merupakan wadah untuk menumpahkan segala “sampah” yang selalu diproduksi oleh pikiran2 dan hati yang gelisah, shg ngeblog merupakan bentuk terapi,
    Jawaban-jawaban pertanyaan no lain sangat menyentak hati saya, karena seperti mengingatkan saya untuk lebih percaya diri seperti mbak Ayu
    Sekali lagi makasih banyak ya mbak Ayu
    Salam

    Disukai oleh 2 orang

  2. Terima kasih banyak Ibu karena sudah menominasi Ayu untuk tantangan ini. Sebenarnya, Ayu menahan diri untuk tidak melanggar dua peraturan lainnya, tapi karena hingga saat ini Ayu belum selesai untuk menyusun 11 pertanyaan yang diminta…sedangkan rasa hati sudah menggebu-gebu mau publish tulisan, jadilah memutuskan untuk melanggar dua peraturan lainnya hahahahahaha
    Alasan hampir tidak bisa diterima (Maaf….).

    Ayu berusaha untuk jujur, terutama jujur dengan diri sendiri. Disatu sisi, Ayu merasa ‘berlebihan’. Tapi juga binggung berlebihan seperti apakah yang dimaksud dengan berlebihan ?. Jadi, Ayu putuskan biarlah mengalir saja seperti air. Tulis saja apa adanya.

    Terima kasih juga untuk Ibu yang sudah menyusun pertanyaan dengan cerdas dan kerja keras. Tidak mudah menyusun pertanyaan yang tepat untuk dapat mengungkapkan jawaban yang sesuai juga.

    Sekali lagi, terima kasih banyak Bu. Ayu merasa sangat terhormat.

    Salam.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Oh bgt ceritanya, bisa saja kalau pertanyaannya sdh selesai di susun, dijadikan part 2 sj mbak, tp kalau tdk juga gakpapa kok
    sama2 mbak Ayu, sy juga sangat berterimakasih mbAyu berkenan menjawab tantanga ini.
    ok mbak, selamat berkatifitas, tentu sdh di Philipin lg ya?

    Disukai oleh 1 orang

  4. Terima kasih banyak Kak Desfortin. Ayu memang memiliki kecenderungan untuk melanggar peraturan hahahahaha.

    Jangan diikuti yaaa..

    Terima kasih juga untuk apresiasinya, kak.

    Salam.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s