Mungkin benar adanya, Saya depresi!

smartselectimage_2017-02-07-13-32-51

Saya ragu untuk mengatakan bahwa saya mengalami tanda dan gejala depresi. Saya berusaha untuk menyimpan didalam diri dan tidak ingin mengakuinya. Saya percaya bahwa saya sehat dan kejiwaan saya masih normal adanya. Saya memilih untuk percaya demikian. Sahabat saya mengatakan bahwa saya mungkin saja ‘denial’ dengan apa yang terjadi pada diri saya. Seakan menolak lupa dengan tanda dan gejala yang saya rasakan.

Tidak mudah memang, karena saya bukan seorang yang disertifikasi, ‘legal’ sebagai penegak diagnosa. Tapi saya rasa pengetahuan saya akan diri saya sendiri dan juga dari informasi yang saya kumpulkan, saya dapat menyimpulkan. Ya, saya memang sedang dilanda depresi. Penyebab yang utama dan terutama adalah keadaan depresi yang berkepanjangan dan sudah menumpuk dari sananya. Saya tahu, kejadian ini tidak dapat terjadi hanya dalam waktu yang singkat. Lama, menggerogoti, seperti halnya kanker. Keadaan depresi memang demikian adanya. Pelan-pelan menyelinap kedalam dan membunuh. Pertahanan diri saya lambat laun di gerogoti dan dihilangkan sedemikian rupa. Sungguh sangat terlalu!

Saya mengalami perasaan ‘malas’ dan tidak memiliki tujuan. Saya menghabiskan waktu ditempat tidur dan bermain dengan alat elektronik tanpa kenal waktu. Ketika saya memikirkan perihal mengerjakan pekerjaan saya, saya terdiam dan tidak memiliki ide. Saya sungguh keterlaluan dengan hidup saya. Saya seakan tidak dapat mensyukuri setiap jengkal didalamnya. Saya mungkin lelah dan lelah ini sudah terlalu lama. Saya jenuh dan jenuh ini sudah terlalu lama. Penderitaan ini sungguh sudah menyiksa saya sampai pada titik dimana saya sudah tidak tahan lagi.

Baiklah, apa gunanya sebuah diagnosa? tidak penting bagi saya sebenarnya. Tapi juga baik untuk pengakuan diri dan bersiap untuk melakukan intervensi.

Saya akui sekarang, saya memang depresi.

Tinggalkan Balasan

