Simple Make Up for non-special Occasion

Menggunakan perias wajah merupakan hal yang sudah tidak biasa lagi pada jaman ini. Terutama bagi mereka yang sudah melewati masa remaja mereka. Terbukanya akses informasi dan media sosial, membuat Make up menjadi hal yang sangat biasa dilakukan oleh para gadis remaja.

Saya menjadi tertarik untuk menuliskan hal ini, setelah sebelumnya saya pernah menuliskan beberapa artikel disini.

Seseorang pernah berkata bahwa Make Up yang baik adalah make up yang tidak banyak membuat perubahan pada wajah aslimu. Saya sependapat dengan pernyataan ini, meskipun saya tahu banyak sekali orang diluar sana yang akan tidak sependapat dengan saya. Tidak apa, perbedaan bukanlah hal yang tidak baik, perbedaan ada agar hidup kita diisi oleh hal yang berwarna-warni. Monoton, atau hanya satu warna, tidak akan menarik, bukan?.

Baiklah, dari pada basa basi yang sangat panjang, marilah kita mulai.

Mulailah dengan canvas yang bersih

Merias wajah sama halnya dengan melukis, canvas yang baik adalah hal yang sangat penting. Canvas yang merupakan alas untuk menggambar atau melukis diharapkan adalah canvas yang bersih, dan permukaannya yang layak untuk membubuhkan pewarna diatasnya. Sama seperti halnya melukis, canvas untuk merias wajah adalah wajah itu sendiri. Atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Barre Face. Wajah yang sehat alami akan memudahkan proses merias wajah dan memastikan tidak akan banyak make up yang diperlukan untuk membuatnya menarik.

Saya biasanya memulai hal ini dengan membersihkan wajah saya secara alami dengan menggunakan Olive Oil. Saat ini saya menggunakan Olive oil dari Minisoo.

img_02922bcopy

Gambar 1. Olive oil dari Miniso (Saya berusaha untuk menemukan gambar yang tepat, namun saya tidak menemukannya di Internet. Mungkin lebih baik bagi saya untuk mengambil sendiri gambar yang saya perlukan).

Olive oil sangat baik untuk menganggkat sisa-sisa kotoran yang ada diwajah, baik berupa minyak atau kotoran lainnya. Bahkan saya menggunakan ini untuk membersihkan sisa make up saya. Sangat ampuh untuk membersihkan maskara dengan label waterproof. Selain itu, Olive oil sangat baik untuk menjaga tidak hilangnya minyak alami dari wajah dan membantu untuk menghilangkan noda bekas jerawat di wajah.

Selanjutnya, saya akan membersihkan sisa olive oil dari wajah saya dengan menggunakan tissue basah. Saya secara pribadi menggunakan tissue basah milik Sanicare yang merupakan tissue basah untuk bayi dan yang lebih penting murah.

sanicare-baby-wipes-80s-pack-of-3-blue-8119-5473831-1-product

Gambar 2. Sanicare Tissue Basah warna Biru.

Saya menggunakan tissue basah sebagai meda untuk mengangkat sisa olive oil dan kotoran dari wajah saya. Tissue basah yang saya cari, tidaklah yang bagaimana begitu. Cukup mereka yang menulis “Alcohol Free”. Bagi saya ini sudah lebih dari cukup.

Selanjutnya, adalah menggunakan facial foam untuk membersihkan wajah dengan air. Saya secara personal menggunakan dari Clean and Clear Active Clear Acne Marks Cleanser. Banyak produk yang dapat digunakan sebagai facial foam, kembali lagi, tergantung pada keadaan dan kondisi kulit masing-masing pribadi. Setelah pemakaian, silahkan bilas dengan air dan keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk.

p5743ecf8cc7f9ec324f9f146f712b3191230d31f

Gambar 3. Clean and Clear Active Clear acne Clearing Cleanser (Saya mencari contoh yang tepat untuk milik saya, tapi saya tidak menemukannya di Google)

Setelah pemakaian facial foam, kulit menjadi bersih dan siap untuk dipoles. Namun sebelum itu, penting untuk diperhatikan adalah penggunaan Pelembab untuk kulit wajah. Karena kelembapan kulit wajah sangat penting untuk menjaga riasan wajah menjadi lebih indah nantinya (saya rasa begitu, tapi bagi saya pribadi, saya sangat menyukai keadaan dimana kulit wajah saya menjadi sangat lembab dan bercahaya, itu menandakan bahwa kulit saya sehat). Secara pribadi saya menggunakan produk dari Ponds.

very-oily1

Gmabr 4. Pelembap dari Ponds untuk kulit yang berminyak.

Terkadang, pelembab yang dikeluarkan oleh produk-produk kecantikan berisi atau ditambahkan dengan pemutih. Tapi, bagi saya tidaklah masalah. Selama in saya sudah banyak mencoba pelembab lainnya dan akhirnya, saya bertahan dengan Ponds, selain karena harganya yang relatif murah, saya juga tidak kesulitan untuk menemukannya di toko-toko kecil sekitar saya.

Setelah pelembab, kadang ada mereka yang menambah dnegan penggunaan cream mata dan seterusnya, saya memberikan kebebasan tentunya dan disesuaikan dengan keperluan masing-masing dan kebutuhan masing-masing.

Step pertama selesai, wajah yang sehat sudah siap untuk di poles dengan berbagai perias wajah yang diperlukan.

Memberikan Dasar yang baik untuk warna yang sesuai 

Memberikan dasar yang sesuai adalah memberikan dasar make up yang sesuai dengan warna dan keadaan kulit. Saya pribadi yang sangat menyukai hal-hal praktis dan tidak ribet lebih memilih penggunaan BB Cream yang didalamnya sudah mengandung primer, Foundation dan lain sebagainya. Namun sebelum itu, saya memerlukan Primer untuk membuat make up saya bisa bertahan setidaknya untuk satu hari. Disini saya menggunakan produk dari Maybelline. Primer membantu untuk memperhalus kulit saya dna membantu untuk mengecilkan pori-pori diwajah saya, sehingga akan mudah bagi saya mengaplikasikan produk lain sesudahnya.

128e8ae3-4282-4f80-9c25-2ceffe253fc2_1-d5da37cc83ee4685d4e9a8f12ab1dadb

Gambar 5. Maybelline Instant Pore Eraser.

Setelah Primer selesai, barulah saya mengaplikasikan BB Cream. Disini saya menggunakan produk dari Lanaige, BB Cusion. Dari sekian banyak cream yang saya miliki, mungkin ini adalah yang paling mahal dan yang paling saya sukai. Teksturnya yang lembut dan cara pengaplikasiannya yang mudah membuat saya jatuh hati seketika. Bukan karena iklan dari produk ini yang membuat saya gimana gitu, tapi memang karena kualitasnya yang tidak hanya sekedar bicara. Menarik bukan ?.

p1350485

Gambar 6. BB Cushion Laneige.

Setelah memberikan dasar yang baik. Selanjutnya adalah mengunci semua produk ini dengan menggunakan bedak tipis yang disesuikan dengan warna kulit. Kadang, beberapa orang akan memilih untuk menggunakan translucent powder, bedak yang berwarna putih namun tidak akan meninggalkan warna di kulit. Saya, menggunakan ini sesuai kebutuhan saja, kadang BB Cushion saya sudah lebih dari cukup, mumpung penghematan. Tujuan dari pemberian powder ini adalah untuk mengurangi efek minyak atau bersilau pada wajah. Selain itu, hal ini sangat penting untuk memperhalus kulit.

Selanjutnya adalah optional, pemberian contour dan highlight di sepanjang tulang wajah. Tujuanya adalah untuk mempertegas bentuk wajah atau memberi dimensi atau bingkai wajah.  Saya, secara pribadi kadang menggunakan ini. Saya memilih product dari Maybelline.

maybelline-v-face-contour-1-1

Gambar 7. Master Coutour Maybelline.

Melukis dengan bebas

Ketiga dan merupakan langkah yang terakhir adalah merupakan langkah berkreasi. Sekarang, canvas sudah siap untuk melukis wajah. Saya pribadi akan memulainya langkah seni ini dengan melukis bagian Mata, kelopak mata. Saya mengabaikan melukis alis saya atau merapikannya karena saya merasa bentuk alis saya yang sudah sangat cantik dan sempurna (Padahal menurut teman saya, alis saya berbentuk tidak teratur dan tidak memiliki rambut alis disana).

Melukis kelopak mata adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi saya, karena ini adalah kegiatan kreatif yang akan memberikan berbagai hasil. Ingat, hasilnya adalah menghasilkan mata yang indah, yang membuat orang-orang melihat kedalam hatimu dari matamu (Assseeekkk!!!). Untuk melukis mata, saya biasanya menggunakan kembali produsk dari Maybelline. Dibawah ini dalah produk eyes shadow yang mencuri hati saya.

mte5ntu2mzi0njy0otazmtc5

Gambar 8. The nudes Eyes Shadaw Maybelline.

maxresdefault

Gambar 9. The Blushed Nudes Maybelline.

Saya akan dengan sangat bahagia mengkreasikan kedua Pallate ini di kelopak mata saya. Karena warnanya yang netral, maka warna-warna ini sangat cocok untuk bepergian sehari-hari seperti ke sekolah atau bekerja. Efek yang diberikan pada mata juga sangat menajubkan. Saya melihat ada perbedaan di kelopak mata saya ketika tidak dibubuhkan perona mata dan ketika dibubuhkan warna-warna cantik ini.

Selanjutnya adalah penggunaan Eyelash curler atau maskara. Saya memilih untuk menggunakan produk dari Maybelline juga, seperti dibawah ini. Keuntungan dari penggunaan Eyelash adalah untuk menambah volume dari bulu mata dan membuat bingkai mata nampak menjadi sangat cantik dna indah. Setiap saya membubuhkan make up, saya berusaha untuk tidak melewatkan langkah ini, karena langkah ini teramat penting bagi saya. Sebagai catatan penting, carilah maskara yang waterproof. Ini sangat penting karena bulu mata memiliki fungsi seperti rambut-rambut lainnya, terutama dibagian mata, untuk melindungi bola mata. Siapa tahu kita akan menangis tiba-tiba kan?

lash-senational-wp_pack-shot41415

Gambar 10. The lash sensational Maybelline.

Terakhir mungkin, adalah lipstick atau pewarna bibir. Saya tidak memiliki koleksi khusus untuk ini, karena pewarna bibir sangat bervariasi warna dan teksturnya. Tapi, sebelum semua pemasangan produk di bibir, alahkan baiknya jika bibir juga diberi pelembab. Saya pribadi sangat menyukai product dari Vaseline. Product ini sangatlah bermanfaat untuk melembapkan bibir dan meninggalkan tekstur yang soft dan siap untuk dibubuhkan pewarna bibir. Produk ini juga akan melindungi bibir dari keadaan pecah-pecah, kering dan perasaan tidak nyaman lainnya.

babb91d9-21f0-4fcc-8f3c-12301d0a78d8_1-5e37ab6e9767fa674c0dc242c88a07ad

Gambar 11. Vaseline Lip Theraphy.

Saya rasa demikianlah yang dapat saya sharingkan. Saya harap tulisan saya yang penjang ini dapat membantu teman-teman sekalian menambahkan pengetahuannya terkait dengan make up dan perangkatnya. Saya sangat berterima kasih kepada sahabat saya, Ana Krismelina yang sudah memperkenalkan saya pada Make-up dan selalu memotivasi saya untuk melakukan banyak petualangan dalam hobby yang kadang tidak biasa ini.

Terima kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s