Menelusuri ‘Imaginasi’ Manusia akan Pikirannya

14572429_1308146965865123_7038792250519628523_n

Saya, tidak akan pernah membayangkan akan berada disini dan mengabdikan diri saya untuk kemajuan ilmu yang sangat erat dengan ‘pikiran manusia’. Semakin saya mendalaminya, semakin saya merasa sangat ‘tidak tahu apa-apa’ dan saya semakin ‘tertarik’ untuk mengenalnya, mengulitinya lebih dalam. Bagi saya, kesempatan ini adalah hal yang sangat dan sangat ‘luar biasa’ bagi saya.

Menelusuri pikiran Manusia yang terlahir dari organ yang beratnya kurang lebih 1 kilogram ini (Saya harap, saya tidak salah), sungguh menyisakan banyak hal menakjubkan bagi saya. Saya tidak pernah membayangkan otak manusia mampu memberikan banyak sekali respon berupa tingkah laku yang bisa diukur dan dievaluasi. Bahkan buah dari pikiran itu sendiri dapat menunjukkan struktur dari organ yang sangat fantastis dalam tubuh manusia.

Tercatat, lebih dari 4.000 tahun yang lalu, masalah kejiwaan sudah didokumentasikan oleh ilmuan kesehatan pada saat itu. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, perkembangan ilmu mengenai kejiwaan sudah berada di titik ini. Luar biasanya lagi, hingga saat ini, masih sedikit yang bisa diketahui oleh para ilmuwan. Para ilmuwan hanya bisa menerka dan selanjutnya mengetes dan selanjutnya melihat apakah memberikan respon yang kurang lebih sama atau tidak. Saya, mengaggap hal ini sebagai ‘berjalan dalam kegelapan dengan mengandalkan penerangan dari ujung jalan sana’ atau kadang seperti ‘berjalan dengan penerangan seadaannya dan berdoa semoga dijalan tidak ada jurang’.

Saya yang masih berstatus Novice ini, merasakan kecemasan yang sangat luar biasa. Saya merasa was-was. Pertanyaan seperti, “Mampukah saya ?” , “Apakah saya bisa memahami Klien saya nanti?”, “Apakah koping mechanism saya mampu membuat saya melewati semua ini?”. Saya sungguh tidak tahu. Disamping semua perasaan dan pertanyaan ini, saya menyimpan rasa penasaran yang sangat mendalam!. Penasaran karena saya ingin sekali menjelajah imajinasi saya sendiri dan saya sangat ingin melihat sesuatu yang tidak kelihatan di ujung jalan sana. Saya, sungguh ingin menjadi bagian dari perjalanan panjang ini dan mengungkapkan apa yang tersembunyi di ujung jalan saya. Saya sungguh menginginkannya!.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s