Melihat lebih kedalam

IMG-20160520-WA0014

Dalam beberapa kesempatan, Saya dihadapkan pada masalah yang sangat menarik. Saya harus berhadapan dengan rasa marah, kecewa, malu dan putus asa lalu dalam waktu sekian detik, harus kehilangan semua rasa itu dan berganti dengan rasa ‘kasihan’, maafkan dan seterusnya. Saya merasa takjub dengan perubahan emosi dan pergantian energi yang sangat cepat ini. Say juga merasa sangat surprise dengan diri saya sendiri yang dengan cepatnya merelakan lalu merangkul kembali. Begini ceritanya.

Beberapa waktu yang lalu, saya membuat janji dengan seseorang, tepat jam sekian ditempat yang sudah kami sepakati bersama. Saya, mengusahakan tepat waktu untuk datang ketempat pertemuan dengan tidak mempedulikan adanya hujan dan angin yang sangat mengganggu. Sepatu saya yang tidak tahan air, membuat saya semakin tidak nyaman karena saya mulai merasa kedinginan dan saat itu harus duduk di tempat yang berAC. Saya menunggu dengan sangat sabar…karena waktu perjanjian kami sudah lewat, sangat jauh. Saya sudah berkali-kali menelpon tapi tidak diangkat dan saya sudah berkali-kali mengirim pesan, tapi tidak dibalas. Saya merasa sangat marah, kecewa dan saya memutuskan untuk keluar, pergi dari tempat pertemuan kami. Ketika saya keluar, saya menemui orang yang ingin saya temui berlari-lari ke arah saya dengan pakaian yang basah dan tampak kelelahan. Satu kalimat yang keluar dari mulutnya, ” Maaf, saya tersesat…”. Saya spontan mengatakan “tidak apa-apa..” dan mengiringnya masuk kedalam ruangan untuk mengeringkan badan. Pada saat itu, rasa kecewa, sakit hati, marah dan rasa tidak nyaman lainnya menjadi hilang, sirna..berganti dengan rasa kasihan dan memaafkan. 

Pengalaman ini, mengajarkan saya bahwa melihat kedalam dan lebih dalam lagi atas persoalan yang menimpa kita adalah hal yang sangat penting. Saya percaya bahwa masing-masing orang pasti sudah mengusahakan yang terbaik bai kehidupannya, bagi kebaikan. Tapi, memang ada beberapa faktor X yang tidak terduga yang dapat saja menggagalkan atau menghambat proses pencapaian niatan baik tersebut. Sungguh, ‘melihat lebih dalam’ dan melihat dari sudut pandang yang berbeda suatu permasalahan akan memberikan nilai positif sendiri yang akan sangat bermanfaat dan baik bagi sesama.

Selamat berpetualang kawan…Salam untuk semua dan semoga kebaikan selalu menaugi kita sekalian.

Tinggalkan Balasan

