Hypothyroidism dalam drama “OH My Venus “

oh-my-venus

Hum…saat ini saya sedang jatuh cinta dengan drama yang satu ini. Drama korea on going dengan judul Oh My Venus ini, dibintangi oleh dua orang pemain drama paling gokil deh…

Drama ini mengisahkan perjuangan pemeran wanita yang mengalami kegemukan untuk menemukan kembali kecantikan dan bentuk ideal tubuhnya dengan bantuan salah satu instruktur penurun berat badan terbaik. Wah…asik deh.

Menarik bagi saya adalah, pemeran wanita dalam drama ini mengalami keadaan yang disebut hipotiroid (Hypothyroidism) ini adalah keadaan dimana terjadi gangguan pada bagian organ tiroid yang berfungsi untuk mengaktifkan dan memproduksi hormon tiroid. Kebetulan, saya juga sedang dalam proses untuk mengenal dan memahami lebih mendalam terkait tantang keadaan penyakit yang satu ini.

shinminah

Pemeran wanita yang bernama Shin min ah ini adalah favorit saya akhir-akhir ini. Acting-nya total abis. Ia yang aslinya kurus, langsing dan cantik banget, disulap menjadi wanita yang gemuk dan sedikit ugal-ugalan. Menarik.

Yeeep…kembali kedalam keadaan hyperthyroidism sebelumnya. Keadaan ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti  autoimmune disease, treatment for hyperthyroidism, radiation therapy, thyroid surgery and beberapa pengobatan yang memiliki efek samping untuk menurunkan proses produksi hormon tiroid. Tanda dan gejalanya seperti nampak pada drama korea ini, seperti kegemukan yang kadang hanya berpusat pada bagian perut, pinggul, panggul, pantat dan paha, dan yang paling nampak adalah pada bagian wajah. Rasanya seperti wajah bulan yang sedang dalma fase full moon. Beberapa tambahan gejala adalah, kerontokan rambut yang masif, depresi, tidak tahan pada keadaan suhu yang dingin, lemah dan kadang sering mengalami pingsan. Yupz…seperti itulah. Informasi lengkap terkait dengan keadaan ini dapat diakses pada Hypothyroidism: Too Little Thyroid Hormone dan Hypothyroidism (Underactive thyroid). dua link ini akan sangat membantu memperdalam pemahaman tentang keadaan penyakit ini.

Tidak ada hal lain yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit ini selain dengan minum obat dan beberapa perawatan tambahan lainnya. yupz…drama ini memberikan gambaran yang cukup akurat untuk perawatan dan terapi.

Namun, ya..Ada beberapa hal yang saya temukan tidak sesuai dengan keadaan klinis dari penyakit ini. Coba perhatikan, kulit si pemain wanita, saat ia gemuk, tampak mulus dan bersih, nyatanya pada pasien dengan keadaan penyakit ini, mereka akan mengalami keadaan kulit yang sambap dna kadang bersisik dan kering. But, ya…namanya juga drama.

Tetapi, puas deh dengan drama ini, berniat dan berencana untuk menonton setiap episodenya satu demi satu tiap minggu. Asekk…

selamat menyaksikan kawan….

salam dan doa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s