Sehat jiwa ?

elixir_of_hope__wallpaper__by_andokadesbois-d3acf5i

Malam ini, saya mendapatkan kabar yang sangat mengejutkan. Salah satu dari sahabat saya mendapatkan perawatan khusus di Rumah sakit jiwa dengan penyebab yang sangat mengejutkan. Saya sangat terkejut karena ternyata selama ini, saya kurang mengenal dia dengan baik dan ternyata masalah yang ia hadapi lebih berat dari yang selama ini dia tampilkan ke publik.

Saya merasa tidak masalah dengan ‘menginap’ beberapa malam di rumah sakit jiwa untuk mendapatkan ‘ketenangan’ dan ‘pengendalian’ pikiran. Tapi, saya sedikit terganggu dengan penyebab dan alasan perawatan di rumah sakit jiwa ini. Ya, sahabat saya ini mengalami halusinasi dan kecenderungan perilaku kekerasan. Setidaknya, itulah informasi yang saya dengar. Saya mencoba mencari informasi terkait dengan dirinya, tapi ternyata saya tidak menemukannya, akun Facebook yang biasa ia gunakan sudah tidak ada dan ia tidak meninggalkan jejak sama sekali.

Nasip yang sama, dapat terjadi pada siapa saja. Saya dan juga Anda yang sedang membaca post-ting ini. Masalah ‘kejiwaan’ menghantui semua orang, karena memang semua orang memiliki ‘jiwa’ dan setiap orang akan berhadapan dengan masalah yang kurang lebih sama. Bedanya hanya pada respon dari masing-masing orang yang nantinya akan dipengaruhi oleh mekanisme koping yag mereka miliki.

Saya, tidak menutup kemungkinan bahwa saya juga suatu saat akan berhadapan dengan keadaan dimana saya akan ‘menginap’ di rumah sakit jiwa untuk mendapat perawatan. Segala sesuatu bisa saja terjadi. Masalahnya disini, apakah saya akan mengijinkan hal ini terjadi ataukah mengubahnya.

Mari, sehatkan jiwa, kawan…

Tiada alasan yang jelas dan pasti kenapa, tapi sejauh yang saya tahu, ketika jiwa sakit, maka bukan hanya si pemilik jiwa yang akan sakit, tapi mereka yang juga terkoneksi dengan jiwa itupun akan ikut-ikutan sakit.

Salam sehat jiwa, kawan.

6 thoughts on “Sehat jiwa ?”

  1. memang ya..hidup, ngak ada yang bisa prediksi. Tapi, ngak ada yang salah kok menginap di rumah sakit jiwa. Lan…aku yang agak herannya, reaksi orang-ornag terkait menerima perawatan di rumah sakit jiwa itu lo…hehehehe. memang, persepsi masyarakat terkait dengan rumah sakit jiwa masih belum clear…but, it’s okay…

    Disukai oleh 1 orang

  2. yeap, waktu awal aku juga kaget waktu melihat reaksi dri org-org yg aku anggap sangat berpengetahuan. Makanya aku bilang kmren kami heboh gara2 itu, pdahal aku setuju Mar, menginap di RSJ bukan hal yg aneh dan memalukan kok, sama aja kya di rawat di RS biasa bedanya mereka memerlukan perawatan yg lebih istimewa 🙂

    Suka

  3. sepakat lan…yah..sudahlah. Semoga aja korban bisa segera pulih dan kita juga segera disadarkan bahwa kita juga perlu ‘perawatan’ mental karena suka ngomongin orang….hahahaha

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

