Tiga area Otak Super yang perlu kamu ketahui

Pernahkah kamu mendengar kata ” Triune Brain” ?. Ya, sekarang kamu sudah membaca dan mendengarnya dari tulisan ini. Triune Brain adalah istilah untuk menyebutkan tiga bagian otak super yang ada didalam susunan otak manusia. Istilah “super” itu saya tambahkan sendiri untuk meningkatkan minat saya menulis dan membuat kamu penasaran untuk membacanya. Oke, lanjut, tiga bagian otak yang saya maksudkan adalah otak reptil, otak mamalia atau limbic and neocortex. Saya tidak yakin mengapa harus ketiga bagian ini yang dijadikan satu, tapi jika melihat kinerja ketiga bagain otak ini. Percaya deh..kamu akan tersipu-sipu sendiri bukan karena malu, tapi karena bangga.

Pertama, otak reptil. Oke, sebutan ini agak kasar untuk menamai bagian otak manusia. Secara, manusia memiliki harkat dan martabat yang lebih jika dibandingkan dengan reptilia, dan bla..bla,..bla…banyak banget ceritanya. Otak reptil dinamai demikian karena bagian otak ini mengontrol reflek dan kegiatan yang memang mengarahkan pada kegiatan binatang. Namun, hebatnya otak ini menjadi pusat vital dalam mengontrol kehidupan manusia. Disini, letak pusat pernapasan dan denyut jantung kita. WOW, kan?. Menariknya, otak ini pula yang berusaha untuk membuat ‘wilayah teritori’ bayangan didalam aktivitas dan kehidupan kita. Contoh nih, ketika pacarmu diganggu oleh orang lain, spontan kamu akan marah dan bla..bla…nah, ini adalah reaksi dari si otak ini. Kamu sudah menempatkan pacarmu kedalam wilayah teritorimu, so yang tidak kamu ijinkan mengusik tiba-tiba datang mengusik,..kamu akan spontan berusaha untuk melindugi dan mempertahankan. Ini juga adalah gaya klasik dari hewan-hewan reptil. Coba perhatikan buaya, sama to kalau berusaha untuk mempertahankan wilayah teritorinya ?.

Kedua adalah Limbic system atau otak mamalia. Okay, ini juga bisa dibilang otak hewan, mamalia. Memang benar, pada awal penyelidikan terkait dengan fungsi bagian otak ini, para ilmuan menyelidinya dari ikan lumba-lumba, hewan mamalia paling terkenal didalam tingkatannya. yang menjadi sorotan bukanlah kecerdasan, namun sosialisasi dan rasa ‘sayang’ dari hewan ini. ya…ini adalah bagian otak yang mengontrol ‘perasaan’, ’emosi’ dan ‘cinta’ (cinta juga adalah bagian dari emosi kalee…). Bagi kamu yang sering ‘galau’, nah,..bagian otak inilah yang paling banyak bekerja. Jika kamu sensitif, suka tersinggung dan bahkan terlalu membawa perasaan, inilah bagian otak yang bekerja paling aktif. Fungi dari bagian otak ini sangatlah penting, karena bagian otak inilah yang akan menentukan sifat “kemanusiaan” seseorang. Keren kan ?. sebagai tambahan, Otak ini pula-lah yang bekerja dan membuatnya tidak menjadi orang yang ‘isolasi sosial’ tetapi orang yang selalu bersemangat untuk menjalin relasi dengan orang lain. Ouch..co cweeeetttt.

Ketiga adalah Neocortex, dari bahasanya saja sudah sangat modern dan terkesan dari dunia luar angkasa sana. Ya..ini adalah otak yang derajatnya paling elit, karena ia memegang fungsi berpikir logis, cerdas dan berfungsi untuk mengambil keputusan. Sekolah selama lebih dari 12 tahun dari pendidikan dasar sampe perguruan tinggi, bagian yang paling banyak dilatih dan diasah supaya tajam adalah bagian ini. Untungnya, memang bagian ini sangat mudah untuk diubah dan diperbarui. Seperti program komputer yang bisa diupgrade. Tapi, bagian ini pulalah yang paling mudah untuk terserang virus. Buktinya, kalau kamu sedang galau, kamu ngak bisa mikir apa-apa dengan benar kan?.¬†hehehehe….

Okay, demikianlah sedikit perkenalan dengan Triune brain. Saya harap, kamu semakin terpicu untuk menggali lebih dalam hal-hal lain yang ada didalam otakmu sana. Andaikan saja, saat ini kamu sedang berpikir dengan otakmu dan kamu sendiri juga yang sedang meneropong apa yang dikerjakan oleh otakmu. Sejauh ini, saya berkesimpulan bahwa ” Manusia itu adalah makhluk ajaib”, penciptaannya yang ajaib, pertumbuhan dan kematiannya pun ajaib. Sehingga saya tidak dapat mengatakan kalimat lain selain ” Syukur kepada Allah dan segala Puji hanya untuk Dia pencipta dan penyelenggara segala sesuatu”.

Nah, sekarang bagaimana denganmu ?.

Berikan komentar dan tanggapanmu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s